Monday, January 27, 2014

Makalah Kewirausahaan

MAKALAH
KEWIRAUSAHAAN






LEMPER AYAM
Modal yang dibutuhkan : 11.000

Harga Bahan :
  • 500 gram ketan : Rp 5.000
  • 1 batang serai : Rp 1.000
  • 1 buah jeruk purut Rp 500
  • garam Rp 1000
  • 1/2 butir kelapa Rp 1.500
  • daun pisang untuk membungkus Rp 2.000
Bahan Kulit :
  • 500 gram ketan : Rp 5.000
  • 1 batang serai : Rp 1.000
  • 1 buah jeruk purut Rp 500
  • garam secukupnya Rp 1000
  • 400 ml santan dari 1/2 butir kelapa Rp 1.500
  • daun pisang untuk membungkus Rp 2.000
Bahan Isi :
  • 250 gram ayam bagian dada tanpa tulang, cincang agak halus
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh jintan
  • ketumbar bubuk secukupnya
  • 2 siung bawang putih haluskan
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
Cara membuat kue lemper :
  1. Rendam beras ketan semalam, kemudian bersihkan dan kukus.
  2. Masak santan, serai, jeruk purut dan garam sampai tercampur dan harum baunya. Sisihkan.
  3. Angkat beras yang dikukus, kemudian masukkan kedalam wadah yang telah berisi santan. Aduk sampai agak mengering. Kukus ulang sampai masak.
  4. Membuat bahan isi : tumis bumbu sampai harum, lalu masukkan ayam cincang. Aduk terus sampai agak mengering dan masak. Angkat.
  5. Siapkan daun pisang, ambil beberapa pulun ketan, pipihkan lalu isi dengna sedikit ayam. Tutup dan bungkus lagi. Bungkus lemper dengan menggunakan 2 potongan daun pisang.



RISOLES ISI SAYUR
Modal yang dibutuhkan :
·         100 gram tepung terigu :
·         3 butir telur :
·         Garam
·         Margarine
·         6 siung bawang putih :
·         100 gram wortel :
·         100 gram jagung :
·         100 gram kentang
·         Merica bubuk
·         Gula pasir
·         Penyedap rasa
·         1 batang daun bawang
·         Minyak goring
·         Tepung panir
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
resep dasar risoles
Bahan Kulit:
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 butir telur
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan margarin, dilelehkan
Bahan Isi:
  • 6 siung bawang putih, diiris tipis
  • 100 gram wortel, dipotong dadu
  • 100 gram kentang, dipotong dadu
  • 100 gram jagung, diiris
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh penyedap rasa ayam bubuk
  • 1 batang daun bawang, diiris halus
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • Air
Bahan Pencelup:
  • 2 butir telur dan 1 sendok makan air, dikocok lepas
  • 150 gram tepung panir kasar
  • minyak untuk menggoreng
Cara Pengolahan :
  • Isi: panaskan minyak. Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan wortel, kentang dan jagung. Aduk sampai layu.
  • Masukkan garam, merica bubuk, gula pasir, dan kaldu ayam bubuk. Aduk rata. Masak sampai meresap. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
  • Kulit: kocok lepas telur dan garam. Masukkan air sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
  • Tuang sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung terigu sambil diaduk sampai licin. Tambahkan margarin leleh. Aduk rata.
  • Buat dadar tipis-tipis di wajan datar kecil. Lakukan sampai adonan habis.
  • Ambil selembar kulit. Beri isi. Lipat dan gulung. Celup ke telur. Gulingkan di tepung panir kasar. Lakukan pelapisan sekali lagi.
  • Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.
  • Untuk 20 buah



PROSES PEMASARAN
A.      Product               
Pada pemasaran ini produk makanan yang sudah kami jual pada konsumen adalah antara lain :
Risoles “ Rakus ” Ayam yang berjumlah 20 biji berukuran sedang dan Lemper Ayam Special sebanyak 20 biji berukuran sedang.
B.      Price ( harga )
Kami dari kelompok dua, menawarkan konsumen yang berada di wilayah kampus FKIP UNRAM, product yang kami rasa memiliki harga yang relative murah dan dengan kualitas makanan yang cukup bagus. Harga yang kami tawarkan kepada konsumen untuk product Risoles “ Rakus ” Ayam dan Lemper Ayam Special adalah Rp 1.500,-/biji.
C.      Promosi
Dalam melakukan promosi product kepada konsumen, kami tidak melakukan promosi besar – besaran karena product yang kami jual dapat dipromosikan secara ringan. Jadi kami langsung melakukan penjualan setelah persiapan dagang (tanpa promosi).
D.      Prospek Pasar
Dari peninjauan yang kami lakukan terhadap calon pelanggan yang berada di kampus FKIP UNRAM, hampir seluruh kalangan kampus dapat dijadikan sebagai pelanggan. Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa product yang kami jual adalah product ringan yang bisa dibeli karena harga yang kami tawarkan sesuai dengan kantong mahasiswa.
E.       Kondisi Pasar
Kondisi pasar yang kami observasi pada proses penjualan yang telah kami lakukan. Para mahasiswa yang kami jadikan sebagai pelanggan memiliki ketertarikan terhadap product yang kami jual.
F.       Target Pasar
Target pasar yang kami fokuskan adalah para mahasiswa kampus  yang terlihat lapar. Dapat dikatakan bahwa product yang kami jajakan adalah product standard yang dapat dibeli oleh setiap orang yang berada dikampus.
G.     Kendala
Kendala yang paling besar yang kami hadapi pada proses penjualan ini adalah hanya pada product. Product yang kami jual adalah product standard kebawah yang dapat dijual oleh siapa saja tanpa ada halangan. Dan banyaknya pedagang lain yang menjual product yang sama.

HASIL PEMASARAN


Previous Post
Next Post