Thursday, July 13, 2017

MAKALAH TEKNOLOGI SEDERHANA

KATA PENGANTAR
                                    

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kita sehingga penulis berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “ MOBIL SISTEM GENERATOR”. 
Sholawat dan salam semoga selalu tetap tercurahkan kepada baginda Nabi besar Muhammad SAW. Sebagai Uswatun Hasanah bagi umat semesta alam.
Makalah ini berisi tentang  mengembangkan penemuan yang telah ada menjadi lebih baik dan lebih. kami menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan, tentunya masihbanyak kekurangan, baik segi matri yang di paparkan maupun dalam kesempurnaan sistematika. Selanjutnya dengan kerendahan hati, penulis berharap kepada pembaca agar memberikan koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penulisan makalah ini, oleh karena itu kritik dan saran yang sifatnya membangun. Penulis harapkan guna memperbaiki penulisan makalah di masa yang akan datang dan menambah wawasan kita tentang teknologi teknologi terbaru.
Kami  ucapkan terima kasih banyak kepada pihak yang telah membantu kami  dalam pembuatan makalah ini,terutama teman-teman seperjuangan . Semoga amal baik semua pihak di balas oleh ALLAH SWT. Dengan balasan yang berlipat ganda. Akhir kata semoga makalah ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan para pembaca pada umumnya.

  
LATAR BELAKANG

Di era sekarang ini,segala macam bentuk  teknologi sangat berkembang.bisa kita lihat di Negara kita berbagai macam bentuk teknologi sudah kita lihat. Negara kita sudah dibanjiri dengan kemajuan alat/produk yang dibuat oleh Negara lain. Negara kita hanya bisa membeli  dan mengimpor barang dari luar negeri .Dengan berkembangnya teknologi , maka kehidupan ini pun akan semakin mudah seperti mobil butan anak bangsa mobil listrik. Dari sini saya sebagai penulis mempunyai sebuah ide ingin mengembangkan  mobil atau sepeda motor dengan alat bantu bahan bakarnya dengan generator sehingga menghemat pemakaian BBM. Makalah ini saya buat berdasarkan tugas  yang di berikan oleh dosen kami tentang’’Pembuatan Teknologi Tederhana Dalam Kehidupan Sehari-hari’’.Teknologi ini mungkin sangat dibutuhkan pada saat ini. Disebabkan karena bisa mengatasi masalah krisis bahan bakar yang terjadi di Negara kita sehingga penghematan BBM bias diatasi. Sistem kerja dari alat ini seperti kita ketahui bahwa apabila generator berputar maka akan menghasilkan listrik semakin cepat roda dari generator berputar maka gaya listrik akan semakin besar. Dari hal ini saya mendapatkan ide bagaimana seandainya listrik yang dihasilkan oleh generator itu disimpan dan dipakai sebagai alat untuk menjalankan mobil dengan system kerjanya nanti akan saya jelaskan pada bab berikutnya.
  
DASAR SAINS
Dalam pembuatan makalah ini seperti yang  kita  ketahui bahwa ketika  mempelajari kemagnetan telah dijelaskan bahwa arus listrik dapat menimbulkan medan magnet. Hal ini berarti bahwa jika mempunyai suatu sumber arus kamu dapat membuat magnet. Pada  peristiwa fisika ,umumnya suatu perubahan dapat dikembalikan ke keadaan awalnya. Jika listrik dapat m,enghasilkan magnet,  magnet dapat menghasilkan listrik juga. Suatu rangkain listrik tertutup dapat menyalakan lampu jika terdapat sumber arus, ketika kabel penghubung terputus maka lampu akan mati. Lain halnya dengan lampu pada sepeda misalnya dapat menyala tanpa ada sumber arus akan tetapi akan menyala jika bergerak dan akan terang lagi jika sepeda melaju kencang. Mengapa hal itu bisa terjadi ? . ini menjadi pertanyaan bagi saya dalam membahas makalah ini.
Michael Faraday Seorang ilmuan berkebangsaan inggris mengemukan bahwa di sekitar penghantar listrik terdapat medan magnet dan medan magnet  dapat menimbukan arus listrik . peristiwa timbulnya arus listrik  di sebut induksi elektromagnetik. Salahsatunya generator pembangkin listrik sederhana pada sepeda. Prinsip kerjanya berdasarkan Induksi elektromagnetik yaitu dengan mengubah energi  kinetik menjadi energy listrik. Energy kinetic pada sepeda ini diperoleh dari putaran roda . semakin cepat putaran roda maka semakin besar arus liatrik yang didapat. Generator dibagi menjadi dua yaitu generator AC dan DC . generator AC menghasilkan arus bolak balik dan generator DC menghasilkan  arus searah. Umumnya pada generator /dinamo sepeda termasuk arus AC. Terdiri sebuah magnet tetap  dan kumparan yang di sisipi besi lunak,jika magnet tetap berputar maka perputaran kumparan menimbulkan GGL  induksi AC. Nyala lampu akan semakin terang jika putaran magnet tetap semakin cepat.( sumber : Eksplorasi ilmu alam 3).

Dari dasar teori diatas muncul sebuah ide bagaimana seandainya generato tidak hanya di pakai  disepeda tetapi kita terapkan di mobil, tetapi dengan sitem kejanya sama tapi beda.
Previous Post
Next Post