Wednesday, April 8, 2020

ekonomi digital indonesia menurut beberapa suber

1.     Jelaskan perbedaan konsep pertumbuhan Ekonomi dan pembangunan Ekonomi !
a.     Pertumbuhan ekonomi adalah suatu proses dimana perubahan kondisi perekonomian negara secara berkesinambungan untuk menuju keadaan yang lebih baik dari pada sebelumnya pada periode tertentu atau proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional dengan peningkatan PDB riil atau PDB per kapita, peningkatan produk nasional yang diukur dengan harga konstan.

b.     Pembangunan ekonomi adalah adanya suatu proses pembangunan yang terjadi terus menerus yang bersifat menambah dan memperbaiki segala sesuatu menjadi lebih baik lagi. Adanya proses pembangunan itu diharapkan adanya kenaikan pendapatan riil masyarakat berlangsung untuk jangka panjang. Pembangunan ekonomi berkaitan pula dengan pendapatan perkapita riil, di sini ada dua aspek penting yang saling berkaitan yaitu pendapatan total atau yang lebih banyak dikenal dengan pendapatan nasional dan jumlah penduduk. Pendapatan perkapita berarti pendapatan total dibagi dengan jumlah penduduk. 
·      Merupakan proses perubahan yang terus menerus menuju perbaikan termasuk usaha meningkatkan produk per kapita.
·      Memperhatikan pemerataan pendapatan termasuk pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya.
·      Memperhatikan pertambahan penduduk.
·      Meningkatkan taraf hidup masyarakat.
·      Pembangunan ekonomi selalu dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi.
·      Setiap input selain menghasilkan output yang lebih banyak juga terjadi perubahan – perubahan kelembagaan dan pengetahuan teknik.
Perbedaan Pertumbuhan ekonomi dengan pembangunan ekonomi adalah pertumbuhan lebih melihat kepada target, sedang pembangunan melihat prosesnya. Namun demikian, istilah perkembangan ekonomi digunakan secara bergantian dengan istilah pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan ekonomi, kemajuan ekonomi dan perubahan jangka panjang.


2.     Apa faktor penyebab kenaikan GDP/PDB  suatu negara?
Gross domestik bruto (GDP) atau sering disebut pendapatan negara adalah jumlah barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam periode waktu satu tahun.
a.     Kenaikan GDP suatu negara dapat terjadi ketika suatu negara dapat memproduksi barang dan jasa lebih banyak. 
b.     Ketika permintaan rendah dengan harga yang tinggi maka akan terjadi penurunan GDP begitu juga sebaliknya ketika permintaan tinggi dengan harga yang rendah maka dapat dikatakan bahwa GDP akan naik.
c.     Penduduk penduduk
d.     jumlah stok barang dan modal
e.     luas tanah dan kekayaan alam
f.      tingkat tekhnologi yang digunakan
g.     Pertumbuhan Penduduk dan Angkatan Kerja
h.     Akumulasi Modal
3.     Mencari fakta keadaan pembangunan ekonomi indonesia 5 tahun terakhir

4.     Seandainya kamu menjadi pemerintah di Indonesia, apa yang akan kamu lakukan untuk pembangunan Ekonomi Indonesia?
Dengan perkembangan ekonomi Indonesia saat ini khususnya di bagian digital, kami melihat banyak potensi dalam ekonomi digital Indonesia. Populasi anak muda digital native yang sangat aktif menjadi faktor kunci dalam perkembangan ekonomi Indonesia. Terlebih, kebanyakan pelaku bisnis e-commerce di tahan air berskala kecil dan menengah (UKM). Seperti yang kita ketahui, bisnis UKM menjadi usaha yang paling tahan banting di saat krisis ekonomi skalipun. Melalui industry e-commerce berharap terus dikembangkan dan mendukung perekonomian Indonesia yang diprediksi menjadi kekuatan ekonomi baru dunia pada tahun 2025 nanti.
Potensi industri e-commerce di Indonesia memang tidak dapat dipandang sebelah mata. Dari data analisis Ernst & Young, dapat dilihat pertumbuhan nilai penjualan bisnis online di tanah air setiap tahun meningkat 40 persen. Ada sekitar 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna perangkat telepon pintar di Indonesia. 
Bisnis ini memiliki nilai bisnis yang sangat besar, tetapi sayangnya sampai saat ini belum ada regulasi khusus yang mengtur bisnis online ini. Pada akhir tahun 2014 saja, nilai bisnis indrustri e-commerce Indonesia mencapai USD 12 miliar.

5.     Mengapa Amerika serikat mencoret Indoensia dari daftar Negara Berkembang?
Daftar  negara berkembang terakhir kali diubah pada tahun 1998 sehingga pada tahun 2020 ada perubahan yang mengharuskan indonesia di coret dari daftar negara berkembang. Pencabutan indonesia yang dikeluarkan dari negara berkembang dan menjadi negara maju dilakukan oleh Amerika Serikat melalui Kantor Perwakilan Perdagangan atau Office of the US Trade Representative (USTR) di Organisasi Perdagangan Dunia ( WTO) dan bukan dari keputusan Bank Dunia. Keputusan itu selaras dengan keluhan Presiden Donald Trump yang sering kesal karena banyak negara mengaku masih berkembang, sehingga dapat untung dari aturan dagang AS. Misal, terkait aturan minimum subsidi produk ekspor.
Berdasarkan rilis resmi USTR ada tiga aturan mengapa sebuah negara tak lagi masuk kategori berkembang dan tak berhak mendapat perlakuan spesial dari AS. Pertama, pendapatan nasional per kapita di atas USD 12 ribu. Kedua, share ke perdagangan dunia lebih dari 0,5 persen. Ketiga, mempertimbangkan keanggotaan di organisasi ekonomi internasional. Pendapatan nasional per kapita Indonesia baru USD 3.027 per 2018. Namun, Indonesia masuk kategori kedua dan ketiga sehingga pemerintah Amerika Serikat mengganggak indonesia sebagai negara maju dan tidak lagi negara yang berkembang. Tidak hanya negara indonesia saja yang dikeluarkan dari negara berkembang melain ada beberapa negara lainnya seperti Afrika Selatan, Albania, Argentina, Armenia, Brasil, Bulgaria, China, Georgia, Hong Kong, India, Kazakhstan, Kolombia, Kosta Rika, Malaysia, Moldova, Montenegro, Makedonia Utara, Republik Kyrgiztan, Rumania, Singapura, Thailand, Ukraina, dan Vietnam.



Previous Post
Next Post

0 komentar: