TUGAS PENGANTAR
PENDIDIDKAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 9 Kendari
Mata Pelajaran : Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
VIII / I
Standar Kompetensi*
1. Mempraktikan berbagai teknik
dasar permainan dan olahraga, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
1.1 Mempraktikkan kombinasi teknik dasar salah satu permainan
dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan
baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya dini,
keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan*
Alokasi
Waktu : 3 x 2 x 40 menit (3 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
a.
Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar menedang bola dengan kaki bagian
dalam dan luar dengan benar
b.
Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar menghentikan bola dengan
kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki
dengan benar
c.
Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar menggiring bola dengan
kaki bagian dalam dan luar dengan benar
d.
Siswa dapat bermain sepakbola dengan baik menggunakan
peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai teman
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya
diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
B. Materi
Pembelajaran
Permainan
Sepakbola
·
Kombinasi mengumpan dan menghentikan bola menggunakan kaki bagian
dalam dan luar
·
Kombinasi menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan
luar serta menahan dengan telapak kaki
·
Bermain
sepakbola menggunakan peraturan yang dimodifikasi
C. Metode Pembelajaran
-
Pertemuan 1 = penugasan
-
Pertemuan 2 = penugasan
-
Pertemuan 3 = resiprokal/timbal-balik
-
Pertemuan 4 = resiprokal/timbal-balik
D. Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 40 menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan (15
menit)
- Berbaris, berdoa,
presensi, apersepsi dan pemanasan
- Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Kombinasi teknik dasar (mengumpan
dengan kaki bagian dalam dan dalam serta menghentikan bola dengan telapak kaki)
dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
F Melakukan teknik dasar
mengumpan dengan bola dilam berhadapan dengan teman
F Melakukan teknik dasar
mengumpan dengan bola digelindingkan teman dari depan di tempat
F Melakukan teknik dasar
mengumpan dengan bola dilambung teman dari depan di tempat dilanjutkan dengan
bergerak maju dan mundur
F Melakukan teknik dasar
mengumpan secara langsung
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Strategi pelaksanaan dengan menggunakan
model tugas/penugasan
a.
guru membagikan bahan ajar,
yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
b.
siswa mempelajari tugas ajar
dan indikator keberhasilannya
c.
siswa memperkirakan waktu yang
diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
d.
siswa melaksanakan tugas ajar
sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri
e.
bagi siswa yang belum mampu
mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi
kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
f.
bagi siswa yang telah berhasil
mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi
kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi.
F
Bermain sepakbola dengan peraturan
yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar mengumpan dengan kaki bagian
dalam
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan 2 (2 x 40 menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan (15
menit)
-
Berbaris, berdoa,
presensi, apersepsi dan pemanasan
-
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Kombinasi teknik dasar
(mengumpan bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan
kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki ) .
F Melakukan teknik dasar
mengumpan bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki
bagian dalam, luar dan telapak kaki berpasangan di tempat
F Melakukan teknik dasar
mengumpan bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki
bagian dalam, luar dan telapak kaki berpasangan bergerak ke kanan, kiri, depan
dan belakang
F Melakukan teknik dasar
mengumpan bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki
bagian dalam, luar dan telapak kaki berkelompok bergerak bebas
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Strategi pelaksanaan dengan
menggunakan model resiprokal/timbal-balik
guru mengatur siswa agar
berpasang-pasangan
guru membagikan bahan ajar,
yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
siswa mempelajari tugas
gerak dan indikator keberhasilannya
siswa membagi tugas, siapa
yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
siswa melaksanakan tugas
gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak
sesuai dengan indikator yang telah ditentukan
F Bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar mengumpan bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan
bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan 3 (2 x 40 menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan (15
menit)
-
Berbaris, berdoa,
presensi, apersepsi dan pemanasan
-
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Kombinasi teknik dasar
(mengumpan, menghentikan, menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan luar
serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak) dengan rincian
kegiatan sebagai berikut :
F Melakukan teknik dasar
mengumpan, menahan, menggiring formasi berbanjr dan berkelompok bergerak bebas
F Melakukan teknik dasar
mengumpan, menahan, menggiring formasi lingkaran dan berkelompok bergerak bebas
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Strategi pelaksanaan dengan menggunakan
model resiprokal/timbal-balik
guru mengatur siswa agar
berpasang-pasangan
guru membagikan bahan ajar,
yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
siswa mempelajari tugas
gerak dan indikator keberhasilannya
siswa membagi tugas, siapa
yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
siswa melaksanakan tugas
gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak
sesuai dengan indikator yang telah ditentukan
F Bermain bola pada lapangan kecil menggunakan dua gawang
kecil (bendera kecil), dengan cara :
v
Jumlah pemain 5 orang untuk setiap regunya.
v
Untuk tahap pertama bermain dengan 4x sentuhan bola
v
Untuk tahap kedua 3x
sentuhan bola.
v Untuk tahap ketiga 2x sentuhan bola.
v Untuk
tahap
keempat 1x sentuhan bola.
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Sumber Belajar
-
Ruang terbuka yang datar dan aman
-
Bola
-
Buku teks
-
Buku referensi,
Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII,
-
Lembar Kerja Proses Belajar, Roji,
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama
proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar
menedang dan menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar dengan koordinasi
yang baik serta menahan dengan telapak kaki.
· Bermain dengan
peraturan yang dimodifikasi
Aspek
Kognitif
· Mengetahui bentuk
teknik dasar menedang dan menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam dan
luar dengan koordinasi yang baik serta menahan dengan telapak kaki.
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi,
percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan
peralatan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik dasar menen- dang, menghentikan bola dengan kaki bagian dalam, luar, telapak kaki dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik !
Teknik menahan bola menggunakan telapak kaki, digunakan bila arah bola ..
Kerjasama, toleransi, percayadini, keberanian, menghargailawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan
|
1. Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan
teknik dasar mengumpan, menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta
menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai
antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang
diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 50
Jumlah skor
maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi):
Mainkan permainan
sepakbola dengan peraturan yang telah dimodifikasi. Taati aturan permainan, kerjasama dengan
teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan
menghargai teman
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan,
setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang
diharapkan. Tiap perilaku yang di cek (
√ ) memdapat nilai 1
Jumlahskor yang diperoleh
Nilai = -----------------------------------------
X 30
Jumlah skor maksimal
-
Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik,
pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan sepakbola
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai
antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
20
Jumlah skor maksimal
-
Nilai akhir
yang diperoleh siswa =
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR
PERMAINAN SEPAKBOLA
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
MelakukanKombinasi Teknik
DasarMengumpan, Menggiring Bola Dengan Kaki Bagian Dalam dan
Luar Serta Menahan Bola Dengan Kaki Bagian Dalam, Luar dan Telapak Kaki
1. Bentuk gerakan kaki saat menendang bola
diayun ke depan arah bola
2. Bentuk gerakan kaki saat menggiring bola
mendorong bola ke depan arah bola
3. Posisi badan yang benar saat akan melakukan
teknik dasar mengumpan dan menggiring dibawa ke depan
4. Bentuk arah bola hasil mengumpan dengan
kaki bagian dalam datar di atas tanah/lapangan
5.
Saat melakukan teknik gerakan bola selalu dalam kontrol
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 20
|
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERMAINAN BOLAVOLI
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
1. Bekerja sama dengan teman satu tim
|
|
2. Keberanian dalam melakukan gerakan (tidak
ragu-ragu)
|
|
3.
Mentaati peraturan
|
|
4.
Menghormati wasit(sportif)
|
|
5. Menunjukkan
sikap bersungguh-sungguh dalam bermain
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5
|
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM
PERMAINAN BOLABASKET
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Bagaimana posisi pergelangan kaki saat menendang dan menggiring dengan
kaki bagian dalam dan luar ?
2. Bagaimana posisi
telapak kaki saat menahan bola menggunakan telapak kaki ?
3. Bagaimana posisi
pergelangan kaki saat menahan bola dengan kaki bagian dalam dan luar ?
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
..............................
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PJOK.
(_______________________)
NIP/NIK :
..............................
|
0 komentar: